Bocah Fenomenal Dari Prancis

Prancis adalah salah satu raksasa sepakbola dunia yang tak berhenti mencetak pemain kelas dunia. Ada banyak legenda dunia yang terlahir di Prancis. Mulai dari Eric Cantona, Zinedine Zidane, sampai yang masih aktif saat ini seperti Paul Pogba maupun Antonie Griezemann. Dan, ternyata tidak berhenti di situ saja, Prancis kini sudah memiliki bintang baru lagi yang bahkan disebut dengan Thext Thiery Henry. Dia adalah remaja yang masih berusia 18 tahun, namanya adalah Kylian Mbappe Lottin. Nama yang satu ini memang belum sepopuler nama-nama seperti Cristiano Ronaldo maupun Lionel Messi.

Mbappe lahir 20 Desember 1998 adalah pemain sepak bola profesional Prancis yang bermain sebagai striker untuk klub Ligue 1 AS Monaco dan tim nasional Prancis.

Memulai karirnya di AS Bondy, dimana ayahnya Wilfried adalah seorang pelatih di akademi sepak bola Clairefontaine yang terkenal dan sekaligus menjadi agennya. Sebelum sejumlah pemain besar lahir di akademi Clairefontaine, Kylian Mbappe Lottin sebelum bergabung denga Monaco banyak tim besar yang menginginkanya Real Madrid dan Manchester United salah satu club diantara yang meminat Kylian Mbappe, namun akhirnya pemain muda asal prancis lebih memilih As Monaco.

Mbappe membuat debut Ligue 1 pada tanggal 2 Desember 2015 dalam pertandingan kandang 1-1 melawan SM Caen, menggantikan Fábio Coentrão setelah 88 menit, menjadi pemain debutan termuda Monaco yang berusia 16 tahun 347 hari dan memecahkan rekor Thierry Henry yang ditetapkan 21 tahun lalu.

Pada tanggal 20 Februari 2016, Mbappe mencetak gol pertamanya untuk klub tersebut, sebuah gol diakhir pertandingan atau menit terakhir waktu saat bermain di kandang sendiri kemenangan Ligue 1 3-1 atas Troyes.

Pada usia 17 tahun 62 hari, Mbappe menjadi pencetak gol termuda dalam sejarah Monaco, yang sebelumnya pencetak gol termuda adalah Thierry Henry.

Pemain ini menandatangani kontrak pertamanya bersama As Monaco Pada Tanggal 6 maret 2016, Kylian Mbappe dikontrak selama tiga tahun oleh club asal Prancis As Monaco dan kontrak akan berakhir pada 9 juni 2019.

Mbappe mencetak hat-trick pertamanya dari karir seniornya pada 14 Desember 2016 dalam kemenangan 7-0 dari Stade Rennais F.C di babak enam belas Coupe de la Ligue Prancis.

Pada tanggal 11 Februari 2017, Mbappe mencetak hat-trick di Ligue 1 pertama dalam karirnya, dalam kemenangan kandang 5-0 atas FC Metz, di usianya yang ke 18 tahun dua bulan ia menjadi pemain termuda yang mencetak hat-trick Ligue 1.

Pada tanggal 21 Februari, Mbappe mencetak gol kedua Monaco di menit ke-40 dengan tendangan voli yang menggelegar setelah menerima bola panjang Fabinho di atas lini belakang lawan ini adalah gol pertamanya UEFA Europa League atau liga Champions League dan dia menjadi yang termuda kedua. Pencetak gol Prancis dalam sejarah Liga Champions UEFA di belakang Karim Benzema.

Mbappe dipanggil ke skuad senior Prancis untuk pertama kalinya menghadapi Luksemburg dan Spanyol pada Maret 2017. Dia melakukan debutnya pada 25 Maret 2017.

Dalam debutnya Mbappe menjadi pemain termuda timnas Prancis di usia 18 tahun 3 bulan 5 hari sebagai pemain debutan termuda Prancis.

Ayah Mbappe Wilfried berasal dari Kamerun dan, sekaligus menjadi agennya, adalah pelatih. sepak bola. Saudara tirinya Jirès Kembo Ekoko juga merupakan pemain sepak bola profesional, dan ibunya dari Aljazair Fayza adalah mantan pemain bola tangan.

AS Monaco tak akan begitu saja melepas Kylian Mbappe. Los Monegasques bakal mati-matian mempertahankan Mbappe dari godaan klub raksasa yang kepincut dengannya.

Mbappe yang memasuki musim keduanya di tim senior Monaco menjelma jadi striker haus gol. Dia membuktikannya tak cuma di Prancis, tapi juga di level Eropa.

Sinar terang Mbappe mulai membuat dunia menoleh saat berhasil menjebol gawang Manchester City dua kali di babak 16 besar Liga Champions, Februari lalu. Penampilannya meroket dengan terus menambah pundi-pundi golnya di fase knockout Liga Champions, termasuk menghentikan rekor clean sheet Juventus di semifinal.

Pun begitu di Ligue 1, gol-gol dari kakinya mengantar Monaco merengkuh titel juara sekaligus mematahkan dominasi Paris-Saint Germain. Total, 26 gol dan 14 assist dibuatnya dari 43 kali penampilan di semua ajang.

Penampilan yang impresif itu membuat Mbappe jadi buruan banyak klub. Real Madrid dan Manchester City adalah tim yang kabarnya berminat mendatangkan pemain berusia 18 tahun itu.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

HAM Sebagai Isu Global

Cari Jodoh Di Dunia Maya?